Sunday, December 5, 2010

SOALAN SOALAN LAZIM BERKENAAN H.I.V

· Apa itu HIV?
HIV ada singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. Virus yang melemahkan sistem imunisasi manusia.

· Bagaimana virus HIV boleh menggangggu sistem imunisasi manusia ?
Virus HIV memerlukan sel-sel daya tahan tubuh (antibodi) untuk berkembang biak. Biasanya, sel-sel daya tahan tubuh akan membiak seperti mesin fotostat.

Namun, virus HIV yang ada di dalam badan seseorang itu akan merosakkan dan mengambil alih fungsi mesin fotostat sel-sel daya tahan tubuh setelah memperoleh hasil fotostat virus baru dalam jumlah yang cukup banyak.

Sel-sel HIV akan berkembang biak seperti mesin fotostate dan lama-kelamaan sel daya tahan tubuh menjadi lemah dan berkurangan.

· Dimanakah virus HIV ini berada ?
HIV berada terutama dalam cecair tubuh manusia. Cairan yang berpotensial mengandung virus HIV adalah darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu. Sedangkan cairan yang tidak berpotensi untuk menularkan virus HIV adalah peluh, air liur, air mata dan lain-lain

· Apakah CD4 itu ?
CD 4 adalah satuu penanda yang berada di permukaan sel-sel darah putih manusia, terutama sel-sel limfosit. CD 4 pada orang dengan sistem kekebalan yang menurun menjadi sangat penting, kerana berkurangnya nilai CD4 dalam tubuh manusia menunjukkan berkurangnya sel-sel darah putih atau limfosit yang seharusnya berperanan dalam memerangi jangkitan yang masuk ke tubuh manusia. Pada orang dengan sistem kekebalan yang baik, nilai CD4 antara 1400-1500. Namun pada orang dengan sistem kekebalan yang terganggu (misal pada orang yang dijangkiti HIV) nilai CD 4 semakin lama akan semakin menurun.

· Apa fungsi sel CD4 ini sebenarnya ?
Sel yang mempunyai marker CD4 di permukaannya berfungsi untuk melawan berbagai macam infeksi. Di sekitar kita banyak sekali infeksi yang beredar, sama ada dalam udara, makanan ataupun minuman. Namun kita tidak dijangkiti penyakit, karana CD4 masih boleh berfungsi dengan baik untuk melawan infeksi ini. Jika CD4 berkurang, mikroorganisme yang terdapat di sekitar kita tadi akan dengan mudah masuk ke tubuh kita dan menimbulkan penyakit pada tubuh manusia. Kesimpulannya, CD4 ini adalah seperti panglima yang melawan kuman - kuman jahat yang berada di dalam badan kita!

· Apa gejala orang yang terinfeksi HIV menjadi AIDS?
Boleh dilihat dari 2 gejala yaitu gejala Major (besar/utama) dan gejala Minor (kecil):

Gejala Major:- Berat badan menurun lebih dari 10% dalam 1 bulan
- Cirit birit kronik yang berlangsung lebih dari 1 bulan
- Demam berkepanjangan lebih dari 1 bulan
- Ganguan sistem saraf
- Demensia/ HIV ensefalopati

Gejala Minor:- Batuk kekal lebih dari 1 bulan
- Dermatitis (radang kulit)
- Adanya herpes zoster (cacar)
- Candidiasis (jangkitan kulat)
- Jankitan pada alat kelamin wanita

Kes Dewasa:Bila seorang dewasa (>12 tahun) dianggap AIDS apabila menunjukkan tes HIV positif dengan strategi pemeriksaan yang sesuai dengan sekurang-kurangnya 2 gejala major dan 1 gejala minor, dan gejala ini bukan disebabkan oleh keadaan lain yang tidak berkaitan dengan jangkitan HIV.

· Bagaimana HIV menjadi AIDS?
Ada beberapa Tahap ketika mulai terinfeksi virus HIV sampai timbul gejala AIDS:

1. Tahap 1: Peringkat Jendela (window period)- HIV masuk ke dalam tubuh, sampai terbentuknya antibodi terhadap HIV dalam darah
- Tidak ada tanda2 khusus, penderita HIV tampak sihat dan merasa sihat
- Test HIV belum boleh mengesan penularan virus ini
- Tahap ini disebut peringkat jendela (window period), umumnya berkisar 2 minggu - 6 bulan

2. Tahap 2: HIV Positif (tanpa gejala) rata-rata selama 5-10 tahun:
- HIV berkembang biak dalam tubuh
- Tidak ada tanda-tanda khusus, penderita HIV tampak sihat dan merasa sihat
- Test HIV sudah dapat mengesan status HIV seseorang, kerana telah terbentuk antibodi terhadap HIV
-Umumnya tetap tampak sehat selama 5-10 tahun, tergantung daya tahan tubuhnya (rata-rata 8 tahun (di negara berkembang lebih pendek)

3. Tahap 3: HIV Positif (dengan gejala)- Sistem kekebalan tubuh semakin turun
- Mulai muncul gejala infeksi oportunistik, misalnya: pembengkakan kelenjar limfa di seluruh tubuh, cirit - birit terus menerus, flu, dll
- Umumnya berlangsung selama lebih dari 1 bulan, bergantung pada daya tahan tubuhnya

4. Tahap 4: AIDS- Keadaan sistem kekebalan tubuh sangat lemah
- berbagai penyakit lain (infeksi oportunistik) semakin parah

2 comments:

  1. KAJIAN DI RUSIA TELAH DIJALANKAN DAN MENDAPATI VIRUS INI DAPAT DIKAWAL DAN HILANG DARI TUBUH BADAN SESORANG ITU DENGAN MENGAMBIL TRANFER FACTOR ADVANCE/TRANFER FACTOR PLUS/RIOVIDA

    ReplyDelete